Sunday 2 October 2016

Tips melatih Lari 3200 m TNI

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam virus damai untuk kita semua 

Hallo sobat sebelumnya saya pernah memposting tips lulus masuk TNI, dalam seleksinya ada beberapa macam tes yang harus dilewati agar sobat bisa lulus dalam seleksinya. Mungkin tes Samapta salah satunya yang merupakan paling berat karena harus mempunyai fisik yang prima agar bisa lulus.

Dalam samapta terdapat 5 macam tes yang harus dihadapi yaitu

 1. Lari 3200 meter
 2. Pull up
 3. Sit up
 4. Push up
 5. Suttle run



Nah untuk kali ini saya akan memberikan tips melatih fisik menghadapi tes samapta lari 3200 meter. Tes ini mempunyai kategori dalam penilaiannya sehingga sobat harus mengetahuinya, rata-rata bagi sobat yang mendaftar TNI masuk pada kategori 1 yakni umur 18-22 th dan minimal harus finis12 -13 menit agar mendapat nilai minimal 75. Sangat berat bagi sobat yang tidak mempunyai fisik yang bagus. Dalam menghadapi tes ini, pembinaan fisik sangatlah penting dengan tahapan-tahapan yang benar akan membantu meningkatkan fisik sobat. Ada beberapa tahapan dalam TNI yakni bertahap, bertingkat dan berlanjut. Dan langsung saja saya akan memberikan tahapan-tahapan yang semoga dapat membantu sobat dalam meningkatkan fisiknya hanya dalam waktu sebulan.

1. Bertahap. Dalam tahap ini sobat     tidak boleh memaksakan diri, cobalah lari semampunya,       sobat bisa lari jogging10 menit, 20 menit atau 30 menit dan lakukan hal ini tiap hari untuk minggu pertama.

2. Bertingkat. Dalam tahap ini sobat sudah bisa untuk meningkatkan kecepatan, pada minggu pertama sobat hanya lari jogging saja tapi dalam tahap ini sobat bisa menambah kecepatan dan waktu. Tapi tetap ingat batas kemampuan sobat. Lakukan ini tiap hari di minggu kedua.

3. Berlanjut. Dalam tahap ini cobalah lari jockspeed (lari Sprin atau langkah panjang), carilah tempat yang sama atau sesuai dengan yang dipakai tes samapta. Disitu sobat bisa mencoba jockspeed lari sprin satu putaran istirahat 2 menit dan lari lagi istirahat 2 menit dan seterusnya sampai jarak yang sobat hitung mencapai 3200 meter atau lebih dan hitung waktunya dalam satu putarannya. Cara ini sangat berguna untuk menambah kecepatan dalam berlari. Lakukan ini di minggu ketiga tapi tidak tiap hari diganti dengan lari biasa di hari besoknya.

Ingat sobat dalam latihan ini menguras tenaga dan harus diimbangi dengan makanan yang bergizi, seperti susu, bubur kacang ijo dan buah. Berlatih dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil nantinya.

Semoga tips yang saya berikan bermanfaat bagi sobat semua dan nantikan tips lainnya yang akan datang.

Salam virus damai,

Wassalamualaikum Wr. Wb.


1 comment:

  1. Harrah's Casino & Resort Southern California - Hotels - KTNV
    Harrah's Resort Southern 인천광역 출장마사지 California in Valley Center offers a relaxing spa, 삼척 출장마사지 indoor pool 화성 출장샵 and a 김해 출장샵 variety of dining options to please all. 보령 출장마사지

    ReplyDelete